Wisata Martapura

KABUPATEN Ogan Komering Ulu Timur merupakan satu dari 14 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Selatan yang memiliki potensi pariwisata cukup dibanggakan. Sebut saja misalnya Bendung Gerak Perjaya Kecamatan Martapura. Bendung yang dibangun tahun 1991 ini, selain berfungsi sebagai sarana irigasi, juga potensial untuk dijadikan obyek wisata alam sebagai sumber pendapatan daerah dan hiburan rakyat Bumi Sebiduk Sehaluan. Bendungan Perjaya sendiri berjarak sekitar 200 km dari Kota Palembang, sekitar 10 km dari Kota Martapura.

Dilihat dari sisi geografisnya kabupaten ini juga terdapat wisata alam yakni Danau Datuk yang terletak di Desa Surabaya dan Desa Mendayun Kecamatan Madang Suku III atau sekitar 40 km dari Kota Martapura.

Letak Kabupaten OKU Timur yang strategis itu kerap menjadi tujuan wisata bagi para pelancong yang berasal dari dalam dan luar kota terlebih daerah terutama diwaktu hari libur atau hari besar lainnya. Terlebih daerah yang lebih dikenal dengan lumbung pangan itu juga memiliki kawasan pertanian yang dapat dikembangkan sebagai kawasan pariwisata yang lazim dikenal dengan agrowisata, berupa hamparan lahan persawahan yang menghijau jika dipandang mata dari kejauhan. Pemandangan itu akan berubah menjadi hamaran padi yang menguning jika sudah mendekati waktu musim panen.

Guna memberikan daya tarik bagi calon pelancong agar datang ke Kabupaten OKU Timur, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Pariwisata, Seni dan Budaya (Parsenibud) akan segera melakuan penataan dengan membangun sejumlah sarana dan prasarana penunjang di lokasi pariwisata air Bendung Perjaya, mulai dari arena permainan anak-anak, pondok terapung hingga tempat jajanan kuliner dan aneka souvenir tempat menjajakan aneka buah-buahan.

Pusat Latihan Ski Air

Bagi pecinta olahraga air, tidak ada salahnya mencoba menjajal arena latihan ski air Bendung Perjaya yang dinilai banyak pihak cukup memadai untuk dijadikan sebagai pusat latihan bagi atelet ski air. Bahkan Bupati OKU Timur H Herman Deru, SH, MM disela-sela keseibukannya kerap menjadikan tempat ini sebagai tempat melepas penat setelah menyelesaikan tugasnya sebagai kepala daerah. “Kita ingin ke depan akan lahir atelet ski air yang berprestasi,” ujarnya.

Keseriusan daerah ini dalam mengembangkan wisata air khususnya di sekitar Bendung Perjaya, telah memiliki tiga jenis motor air, yakni tiga unit jet sky, sati unit banana board, dan satu unit weak board. Penambahan alat tersebut langsung ditempatkan di lokasi wisata Air Bendungan Irigasi Upper Komering Perjaya. Jenis motor air ini didatangkan dari Marina Jed Sport Jakarta.

Disamping itu dikawasan ini sebelumnya telah ditempatkan perahu motor, perahu karet dan sejumlah peralatan dalam menimalisir terjadinya kecelakaan.

Bagi pengunjung yang hendak mencoba menjajal ski air atau naik jet ski datang saja kelokasi itu pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Bagi warga Palembang, Anda dapat datang ke lokasi ini melalui jalur Palembang-Indralaya-Kayuagung-Jalan Komering-Martapura. Anda juga bisa melalui jalur Indralaya-Prabumulih-Baturaja-Martapura.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s